Bengkak Karena Banyak Minum Tidak Berbahaya

minum

Bengkak Karena Banyak Minum Tidak Berbahaya - Jakarta, Minum air sangat disarankan karena bagus untuk metabolisme tubuh. Tapi ada lho yang saking cintanya dengan air putih, beberapa orang badannya bengkak karena kebanyakan minum. Tapi menurut dokter bengkak karena banyak minum air tidak berbahaya.

Yang lebih berbahaya justru kekurangan cairan di tubuh alias dehidrasi. Sementara bengkak karena banyak minum hanya berimbas pada pembesaran jaringan tubuh. Pembesaran jaringan tubuh ini tergantung dimana kelebihan air terjadi.

"Tapi umumnya kelebihan cairan tidak lebih berbahaya dibanding kekurangan cairan. Bahayanya paling-paling kalau yang membengkak adalah jantung, itupun hanya terjadi jika memang sel-sel jantungnya sudah bermasalah," ungkap Dr dr Luciana B Sutanto, MS, SpGK, dokter gizi dari RS Cipto Mangunkusumo dalam jumpa pers bertema "Waspada Dampak Dehidrasi Ringan Terhadap Kinerja, Kognitif dan Mood" di Hotel Le Meredien Jakarta, Rabu (9/2/2011).

Menurut Dr Luciana, pada dasarnya tubuh mampu beradaptasi dengan kondisi kelebihan maupun kekurangan cairan. Kekurangan cairan akan dikompensasi dengan membatasi pengeluaran air, sehingga air kencing berwarna lebih pekat. Demikian juga saat mengonsumsi lebih banyak cairan, penyerapan air oleh ginjal untuk dikeluarkan lewat kencing juga akan meningkat. Sebelum diserap oleh ginjal, penumpukan cairan paling banyak terjadi di plasma darah.

Pada kadar tertentu, ginjal tidak sanggup mengimbangi kelebihan cairan di plasma darah sehingga penumpukan akan terus terjadi. Lama-lama cairan tidak tertampung lagi dalam pembuluh darah, lalu merembes ke jaringan.
Jaringan juga punya keterbatasan, apabila sudah melebihi kapasitas maka cairan akan diserap oleh sel-sel di jaringan tersebut. Sel-sel yang terlalu banyak terisi air akan menyebabkan jaringan membengak sehingga tampak lebih gemuk.

Bengkak akibat kelebihan cairan tubuh umumnya juga tidak dipicu oleh terlalu banyak minum karena dengan sendirinya tubuh akan merasa tidak nyaman dan berhenti minum jika sekiranya sudah terlalu banyak. Kelebihan cairan lebih banyak dipicu oleh gangguan fungsi ginjal dalam menyerap cairan serta pemberian infus terlalu banyak.

Menurut Dr Luciana, kekurangan cairan atau dehidrasi lebih berbahaya karena berbagai fungsi organ sangat tergangung oleh keseimbangan cairan tubuh. Kehilangan 2 persen cairan tubuh saja, tubuh akan lebih mudah merasa letih, sementara emosi dan mood atau suasana hati juga terganggu.(detikhealth)

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media