SMA Negeri 5 Denpasar

Smanela (SMA Negeri Lima) Denpasar sekarang pada awalnya adalah SMPP Negeri 32 Denpasar , yakni suatu sekolah model yang disiapkan untuk memebrikan ketrampilan praktis yang dibutuhkan masyarakat , oleh karenanya fasilitas yang disediakan cukup memadai mulai dari lahan seluas 5 hektar. Bantuan langsung dari Pemerintah Jepangpun diterima dan masih dapat digunakan sampai sekarang seperti berbagai jenis batuan serta beberapa mikroskop. Ketrampilan yang pernah diberikan kepada siswa saat itu antara lain ketrampilan pertukangan , permesinan , pertanian sampai ilmu maritim. Konsep ruang belajarpun ditata sedemikian mengikuti pola cottage dimana satu blok hanya terdiri dari dua local. Jadi pada dasarnya saat itu SMPP menikmati fasilitas yang memadai.

Perkembangan jaman , ilmu pengetahuan , keperluan masyarakat sampai kemampuan Pemerintah untuk memfasilitasi segala keperluan sekolah seperti itu sangat menjadi tidak memadai disamping perkembangan kurikulum. Akhirnya konsep SMPP yang berbasis ketrampilan lambat laun makin menyusut dan akhirnya berubah menjadi SMA Negeri 5 Denpasar.

Ruang belajar yang semula dirancang untuk 35 orang karena perubahan status dan tuntutan masyarakat maka adanya renovasi kelas belakangan mengubah besar ruangan menjadi standar sekolah umum dan kini akhirnya SMPP telah benar-benar berubah menjadi sekolah umum. Berbagai peralatan mesin yang kiranya dimanfaatkan untuk sekolah ketrampilan telah disumbangkan ke sekolah ketrampilan

VISI DAN MISI SMANELA

    Visi :

    “ MEWUJUDKAN UNGGUL MUTU , KOMUNIKATIF BAHASA BERBUDI PEKERTI LUHUR, BERWAWASAN LINGKUNGAN  BUDAYA “

    Misi :

    • Mengefektifkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar , remidi dan pengayaan melalui diskusi kelompok terbimbing.
    • Mengefektifkan kegiatan MGMP sebagai wadah tukar informasi dan pengalam-an guru.
    • Mengaktifkan bimbingan khusus kelompok olimpiade.
    • Pengadaan buku referensi untuk menambah wawasan guru dan siswa.
    • Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler Bahasa asing agar siswa memiliki ketrampilan berbahasa asing dengan benar.
    • Memantapkan kerja sama dengan lembaga pecinta lingkungan internasional melalui wadah school link.
    • Mengadakan bimbingan belajar kelompok khusus untuk melatih siswa dalam rangka menghadapi seleksi IMO , IPhO , IChO , IBO dan lainnya.
    • Mengadakan kerjasama dalam rangka try-out dengan lembaga-lembaga bimbingan yang ada di Denpasar seperti Sony Sugema College , Ganesha Operation dan lainya.
      1. Peningkatan jumlah ruang belajar dan perluasan ruang perpustakaan , penambahan komputer dalam rangka penambahan  wawasan dan kenyamanan belajar serta pelatihan Guru-guru dalam peningkatan Unit Sistem Informasi Mengajar ( Information Technology ).
      2. Meningkatkan kemampuan bahasa asing bagi siswa dengan menambah jam bahasa asing pada sore hari.
      3. Meningkatkan pelatihan seni dan olah raga dalam bentuk ekstra kurikuler dengan menambah pelatih dari luar sekolah.
      4. Meningkatkan kerja sama dengan Panorama Tour and Travel serta Prema Tour dalam Ekstra Guiding agar kemampuan berkomunikasi bahasa asing para siswa makin baik.
      5. Meningkatkan tindakan desiplin para Siswa , Guru , Staf Tata Usaha di lingkungan SMU Negeri 5 Denpasar
      6. Melaksanakan Pengintegrasian butir – butir Budhi Pekerti dalam semua mata pelajaran
      7. Memantapkan pelaksanaan pelestarian lingkungan.

      Berdasarkan visi dan misi Sekolah Menengah Atas, maka tujuan Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Denpasar yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:

      • Terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan out put yang memuaskan.
      • Tersedianya sarana dan prasarana KBM yang memadai, sehingga memiliki daya dukung yang optimal terhadap terlaksananya KBM yang efektif dan efisien.

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media