Apa Jadinya Jika Tak Pernah Potong Rambut?

rambut panjang

Banyak orang berpikir rambut akan terus berkembang dan tumbuh tapi kenyataannya tidak sesederhana itu. Pada saat tertentu, sebagian dari akar rambut (sekitar 15 persen atau lebih) akan mengalami pertumbuhan hiatus (kosong).

Jika rambut mengalami pertumbuhan kosong lama-kelamaan akan rontok. Maka itu disarankan memotong rambut 1,5 bulan sampai 2 bulan dengan cukup memotong ujung rambut saja kalau tak ingin melakukan perombakan rambut seluruhnya.

Ciri khas dari struktur rambut manusia terdiri dari batang rambut yang menonjol dari kulit kepala dan akar rambut yang berada di dalam kantung atau tabung (follicle) di bawah permukaan kulit. Rambut adalah suatu jaringan mati dan terdiri atas keratin serta beberapa protein lainnya.

Folikel rambut adalah tabung yang membungkus bagian kecil dari dasar lapisan dermis. Sel di dasar folikel ini tumbuh dengan cepat untuk membentuk rambut manusia. Sel-sel dari dasar folikel ini akan mendorong ke atas dan mengeras sehingga mengalami pigmentasi, maka terbentuklah sehelai rambut di kepala. Proses ini akan terjadi berulang-ulang.

Diperkirakan ada waktu sekitar tiga bulan, tidak ada aktivitas di dalam folikel rambut. Ini berarti tidak ada pertumbuhan rambut pada waktu-waktu tertentu di dalam kulit kepala.

Sementara itu setiap hari seseorang pasti kehilangan rambutnya, baik karena proses yang normal atau karena adanya kerusakan. Rata-rata orang akan kehilangan sebanyak 50 sampai 100 helai rambut setiap harinya.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Kamis (5/11/2009), rambut di kepala biasanya tumbuh sekitar 0,5 inci (1,27 cm) per bulan dan dapat hidup rata-rata dua hingga enam tahun. Dari sini, dapat dibayangkan bahwa rata-rata rambut orang akan tumbuh tidak lebih dari 36 inci (91,44 cm) dalam waktu enam tahun. Jika sudah lebih dari enam tahun maka rambut tersebut tidak akan tumbuh lagi atau mati.

Meskipun, ada beberapa orang memiliki pertumbuhan rambut yang sedikit lebih cepat dan bisa melekat lebih lama di kulit kepala bahkan bisa mencapai panjang 5 kaki (154,2 cm). Tapi hal ini sangat jarang terjadi.

Disarankan seseorang memotong rambutnya 6 sampai 8 minggu sekali. Ini tergantung dari seberapa sering rambut tersebut mendapatkan perawatan yang dapat menyebabkan kerusakan, seperti di blow dry, diwarnai atau terlalu sering terkena matahari. Rambut yang dipotong tidak perlu banyak, cukup hanya seperempat inci (0,6 sampai 1 cm) saja ini berguna untuk mencegah kerusakan rambut.

Jika Anda memiliki pertumbuhan rambut kepala yang cepat, maka kemungkinan Anda akan memiliki rambut yang lebih panjang dibandingkan orang lain yang sama-sama tidak pernah di potong rambutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media