Google+ Siap Bertarung di Ajang Social Network

Kabar soal bakal munculnya jagoan baru ini memang sudah muncul sejak beberapa waktu yang lalu. Saat itu memang belum ada kejelasan soal proyek yang masuk kategori top secret ini. 28 Juni lalu, Google akhirnya mulai meluncurkan Google+ meski untuk saat ini masih berstatus testing dan hanya beberapa orang yang sudah mendapat 'undangan' untuk bergabung. Sambil menunggu, Anda bisa mendaftarkan alamat email Anda di plus.google.com.

Google sepertinya masih yakin dengan teknik marketing yang sejak lama mereka gunakan. Seperti juga sebagian besar fitur Google, yang satu ini akan diluncurkan secara bertahap, sambil menunggu minat publik semakin memanas. Trik sederhana yang sepertinya masih cukup ampuh. Ini bukan sekedar trik marketing karena Google+ sebenarnya sudah dibekali setumpuk fitur menarik yang bakal memberikan pengalaman baru dalam bersosialisasi lewat dunia maya.

Google+

Circles
Google menyebutnya Circles. Pada dasarnya ini adalah pengelompokan kontak berdasarkan kategori tertentu. Anda tetap bisa berbagi namun di saat yang sama Anda juga bisa mengendalikan pada siapa saja Anda akan sharing. Cara kerjanya intuitif. Anda tinggal drag and drop tiap nama ke dalam Circles yang Anda buat. Proses ini bisa berlaku sebaliknya juga. Anda bisa dengan mudah memindahkan contact Anda ke 'lingkaran' yang lain. Pada masing-masing Circles ada label jumlah penghuni dan yang menarik, saat Anda memindahkan contact ke Circles yang lain akan ada animasi yang tak hanya cantik tapi juga informatif.

Google+

Hangouts
Yang ini sebenarnya adalah fitur chat. Bedanya, yang ini menggunakan fitur video. Cara kerjanya pun dibalik. Kalau biasanya Anda 'mengundang' orang untuk video chat, Hangouts ini justru sebaliknya. Anda tinggal klik start a hangout dan Anda masuk ke chatroom kosong. Di saat yang sama sebuah pesan berisi info kalau Anda sedang 'hangout' akan terkirim ke semua lingkaran sosial Anda. Dengan begitu, siapa yang berminat bisa langsung bergabung.

Hangouts ini bisa menampung sepuluh orang sekaligus dan kalau masih ada yang berminat, mereka bisa antre sampai salah satu peserta ada yang memutuskan keluar. Lalu kalau ada sepuluh orang dalam satu chatroom, bagaimana Google membagi ruang buat mereka. Sederhana, siapa yang sedang berbicara akan otomatis masuk ke chat screen. Saat ada orang lain yang berbicara, otomatis layar utama akan digantikan orang yang sedang berbicara. Siapa yang bicara lebih lantang, dia yang akan menghuni layar utama.

Google+

Instant Upload
Ini tempat sharing foto. Prosesnya juga tak rumit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil gambar yang Anda inginkan dan secara otomatis gambar atau bahkan video yang Anda rekam akan disimpan di Google+. Koleksi gambar dan video ini akan bertahan di sana dalam kondisi private sampai Anda memutuskan akan 'berbagi' dengan siapa.

Google+

Sparks
Sparks ini sebenarnya adalah koleksi artikel, video, gambar atau konten lain yang dikelompokkan berdasarkan interest. Data ini bergantung pada fitur Google yang lain seperti Google Search. Misalnya saja Anda mencari dengan kata kunci Movie, Sparks akan menampilkan semua konten yang masuk dalam kategori ini. Anda bisa menambahkan interest ini dan untuk selanjutnya Anda tinggal klik kata kunci yang sudah berjajar di sebelah kiri. Ini bukan search engine karena di saat yang sama Anda juga bisa berbagi informasi ke rekan-rekan Anda yang ada di dalam Circles tadi.

Google+

Huddle
Pada dasarnya Huddle ini adalah group chat. Anda bisa berdiskusi seperti saat Anda menggunakan fitur conference pada Yahoo! Messenger. Sepertinya ini adalah fitur GTalk yang diintegrasikan dalam Google+.

Yang pasti, Google+ ini bakal tersedia untuk pengguna Android meskipun untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi lain masih harus bersabar menunggu. Bosan dengan fitur yang ditawarkan Facebook dan Twitter? Kenapa tidak mencoba mengenali dulu cara kerja Google+. Siapa tahu Anda mendapat invitation untuk bergabung.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media