Buatlah Peta Hidupmu

peta hidup

Selama ini, tak sedikit orang yang menjalani hidupnya tanpa tujuan yang pasti. Mereka tak tahu akan dibawa kemana hidupnya serta gambaran seperti apa masa depannya. Biasanya mereka beranggapan bahwa hidup itu seperti air, biarkan mengalir apa adanya sesuai keadaan. Bagaimana denganmu???

Bila kamu sudah dapat menetapkan tujuan hidupmu serta mengetahui apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan hidupmu, itu bagus. Dengan gambaran-gambaran itu, setiap aktivitasmu akan bergerak tertuju pada tujuan hidup sehingga setiap aktivitas yang dilakukan menjadi terarah serta efektif untuk mencapai suatu titik yang pasti.

Namun bila ternyata kamu belum mempunyai tujuan hidup dan gambaran tentang hidupmu dimasa depan, berarti kamu belum mempunyai visi yang jelas. Bila dibiarkan seperti itu, hidupmu akan mengalir ke titik yang tak jelas. Kegiatan dan aktivitasmu pun tak berarah dan tak berjalan efektif . Untuk itulah, kamu perlu membuat peta hidupmu dari sekarang agar dapat mengetahui akan jadi seperti apa dirimu di masa depan. Berikut langkah-langkah membuat peta hidup yang dapat kamu tuliskan di buku harian:

  1. Tentukan tujuan besar hidupmu yang ingin kau capai dan kapan kamu harus mencapainya. Tujuan ini bersifat jangka panjang, dan bersifat luas. Misal : Saya akan menjadi seorang pengusaha yang memiliki 10 perusahaan di bidang agrobisnis, pertambangan , dan properti pada usia 50 tahun.
  2. Pikirkan dan tuliskan hal-hal apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan besarmu itu.
  3. Setelah itu, kamu tentukan tujuan-tujuan jangka menengahmu dengan hal-hal yang akan kamu lakukan di langkah no.2 tadi. Tujuan ini untuk jangka waktu1 tahun mendatang, 5 tahun mendatang, atau 10 tahun mendatang
  4. Pecah dan rincilah tujuan jangka menengah tadi ke dalam tujuan serta kegiatan jangka pendek. Tahap ini mencakup tujuan bulanan yang kemudian dipecahkan menjadi kegiatan mingguan dan harian.

Setelah kamu menuliskan peta hidupmu pada sebuah buku, jadikanlah itu sebagai pedoman aktivitasmu. Lakukanlan evaluasi tahunan, bulanan, mingguan atau harian agar aktivitasmu tetap berada pada jalur yang benar. Dengan perencanaan dan evaluasi seperti ini, hidupmu akan lebih teratur, masa depanmu bisa lebih jelas dan tidak gamang atau buram.

Sedikit tips tambahan, selain menuliskannya, kamu juga dapat menggambarkannya dalam sebuah alur tujuan hidup dari tujuan jangka pendek, jangka menengah, kemudian ke jangka panjang. Tuliskan juga peta hidupmu itu di selembar kertas untuk ditempelkan di tempat-tempat yang sering kamu lihat, contoh: pintu lemari. Semoga dengan peta hidup kamu dapat mencapai tujuan hidupmu dengan lebih cepat dan jelas.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media