Sejarah Asal Usul Buku

23 April adalah Hari Buku Sedunia, dittapkan oleh UNESCO. Tulisan yang beraturan secara alfabet ditemukan tahun 1800 SM di Mesir.Pada zaman Mesir Kuno memakai daun dari tunbuhan papirus untuk menulis, buktinya ditemukan pada Dinasti Kelima, buku tentang Raja Neferirkare Kaki sekitar 2400 SM. Berbentuk gulungan yang juga dipakai di Yunani, Romawi, Cina,dll.

Codex, kumpulan naskah kuno yang hampir semua isinya tentang ajaran agama. Codex bisa dipakai ulang karena berbentuk blok kayu yang dilapisi lilin.

Kemudian papirus digantikan Manuskrip- kulit binatang yang sampuilnya terbuat dari kayu. Tulisannya mulai rapi dan semuanya ditulis tangan.

San buku pertama yang dicetak pertama sebelum tahun 1905 bernama Incunabulum. Buku ini sudah dicetak, terdiri dari dua jenis, Block Book/Xylographic yang terbuat dari satu pahatan dan tipografi, cetakan yang ditekan dan dapat digerakkan.

Pembuatan kertas dimulai pada abad ke-11 dan dipakai secara massal pada abad ke-16.
Sebenarnya, kertas kuno sudah ditemukan tahun 200 SM di Cina yang juga merupakan salah satu dari empat penemuan besar Cina.

Mulai abad ke-18 dan 19 buku masin memakai bahan gabungan seperti sutera dan banyak dipakai pada 1850-1880an.
Tahun 1800 ditemukan mesin pencetak kertas yang memakai tenaga uap dan bisa mencetak 1100 lembar/jam. Di akhir abad ke-19 ditemukan lagi mesian yang bisa menyusun 6000 kata/jam dan semuanya sekali ketik.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media