Tips Meningkatkan Konsentrasi di Kantor

Konsentrasi di Kantor

Tips Meningkatkan Konsentrasi di Kantor - Konsentrasi sangat penting untuk mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan benar. Namun terkadang pikiran terpecah ketika mendengar rekan kerja yang mengobrol atau suara telepon yang berdering.

Jangan biarkan gangguan-gangguan dari dalam dan luar merusak konsentrasi Anda. Berikut ini tips yang bisa membantu meningkatkan dan mencegah konsentrasi pecah.

Langkah pertama untuk meningkatkan konsentrasi adalah mencari posisi baru untuk bekerja. Anda tentunya akan semakin sulit berkonsentrasi karena banyak suara yang sebenarnya tidak ingin didengarkan.

Pindahlah ke ruang meeting yang kosong untuk mendapatkan ketenangan sejenak. Namun jangan lupa memberitahukan bos dan rekan kerja Anda. Katakanlah Anda butuh ketenangan untuk mengerjakan pekerjaan Anda dalam beberapa jam saja.

Pastikan cahaya disekitar Anda cukup terang. Penerangan yang redup akan membuat orang lebih sulit untuk berkonsentrasi dan justru membawa orang tersebut melamun dan lama kelamaan timbul rasa kantuk.

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan konsentrasi adalah mengatur waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling sulit dikerjakan. Setelah pekerjaaan yang tersulit selesai, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menyelesaikan sisanya.

Jika Anda lebih mudah berkonsentrasi di pagi hari, maka utamakan pekerjaan yang sulit di pagi hari. Begitu juga jika Anda lebih berkonsentrasi di malam hari, selesaikan pekerjaan yang sulit pada malam hari agar hasilnya maksimal.

Jangan lupa untuk beristirahat sejenak. Tidak ada orang yang bisa fokus secara terus menerus selama berjam-jam tanpa istirahat.

Berjalan-jalan selama lima menit, meregangkan tubuh, meminum air atau mencari udara segar bisa Anda lakukan untuk menyegarkan pikiran. Dengan begitu maka Anda akan siap untuk kembali bekerja.

Terkadang konsentrasi pecah dari dalam diri. Misalnya saja saat mengerjakan laporan akhir bulan, tiba-tiba hal yang terpikirkan adalah menghabiskan akhir pekan dengan melakukan 'midnite sale'. Jika hal ini terjadi, maka jangan sampai terjadi lebih lama.

Tulislah hal-hal yang terlintas saat Anda bekerja agar Anda tidak lupa di kemudian waktu. Lalu dorong diri Anda untuk berkonsentrasi lebih.

Langkah terakhir yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi Anda adalah dengan makanan yang asam. Makanan tersebut dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Segelas jus lemon mungkin bisa membantu untuk tetap terjaga.

Hindari makanan yang pedas dan mengandung banyak lemak. Makanan tersebut hanya membuat Anda menjadi mengantuk sehingga sulit konsentrasi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media