Lari Mundur Membakar Kalori Lebih Cepat?

Lari MundurSaat berlari, lazimnya orang akan bergerak ke arah depan alias maju. Namun menurut sejumlah penelitian, lari mundur atau mengarah ke belakang bisa memberikan manfaat ekstra karena mampu membakar kalori lebih cepat dibandingkan lari maju.

Membayangkan orang berlari di taman dengan gerakan mundur mungkin akan kelihatan lucu. Namun di London, teknik ini belakangan makin digemari dan makin banyak yang melakukannya di taman-taman kota tanpa harus merasa malu meski cara berlarinya kelihatan aneh.

Salah satu pelatih lari mundur di London, Karl Twomey mengatakan ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan berlari ke arah belakang. Salah satunya melindungi pergelangan kaki, karena bagian ini akan menahan beban lebih kecil dibandingkan saat berlari ke arah depan.

Twomey sendiri baru mulai mempraktikkan lari mundur sejak September 2010, saat sedang berlatih untuk lari marathon. Berawal dari coba-coba, iapun berlari mundur dan menyelesaikan lari jarak jauh tersebut dalam waktu 4 jam 16 menit tanpa mengalami cedera.

"Lari mundur bisa meningkatkan keseimbangan tubuh Anda, sekaligus melatih penglihatan tepi (peripheral vision). Bahkan pendengaran akan semakin peka karena pandangan ke belakang sangat terbatas," ungkap Twomey seperti dikutip dari Dailymail, Senin (23/5/2011).

Karena lebih ramah bagi sendi, lari mundur juga dipakai dalam program pemulihan fisik pada atlet yang mengalami cedera. Sebab menurut penelitian di University of Oregon, lari mundur hanya butuh 80 persen energi untuk mendapatkan manfaat yang sama dengan lari maju.

Namun bagi orang awam yang tidak terlalu sering bermasalah dengan cedera, ada manfaat lain yang bisa didapatkan dengan berlari mundur. Menurut sebuah penelitian di Stellenbosch University, teknik lari semacam ini mampu membakar kalori lebih cepat.

Dalam penelitian yang dilakukan di Afrika Selatan tersebut, sejumlah relawan diminta untuk lari mundur secara teratur sebanyak 3 kali tiap pekan selama 6 pekan berturut-turut. Hasilnya, para partisipan bisa membakar rata-rata 2,5 persen lemak tubuhnya.

Dengan berbagai manfaat tersebut, lari mundur lebih cocok bagi yang ingin cepat kurus namun tidak ingin menanggung risiko tinggi untuk cedera. Kerugiannya hanya satu, jika dilakukan di tempat umum barangkali akan menjadi pusat perhatian karena bagaimanapun teknik ini terlihat agak aneh.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media