Ibu Bekerja Hanya Punya 81 Menit untuk Anak

img

Ibu Bekerja Hanya Punya 81 Menit untuk Anak - Di masa sekarang ini, tidak sedikit wanita yang sudah menjadi ibu tetap bekerja untuk membantu keuangan keluarga. Ibu bekerja pun jadi kerap merasakan dilema, membagi waktu untuk anak, keluarga dan pekerjaan mereka.

Sebuah studi di Inggris baru-baru ini mengungkapkan, ibu bekerja ternyata hanya bisa menghabiskan waktu 1 jam 21 menit atau 81 menit untuk mengurus anak dan keluarga. Sedangkan ibu yang tetap di rumah, punya waktu dua kali lebih banyak. Para ibu tersebut mendedikasikan 2 jam 35 menit waktu mereka untuk memberi makan, memandikan dan bermain dengan anak.

Penelitian di atas dilakukan oleh Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD - Organisation for Economic Co-operation and Development). Penelitian itu juga membandingkan performa ibu bekerja di Inggris dengan 21 negara industri lainnya.

Dari penelitian tersebut diketahui, ibu bekerja di Irlandia bisa menghabiskan waktu 150 menit untuk mengurus anak. Sementara di Australia, 137 menit. Sedangkan ibu bekerja di Amerika Serikat, Kanada, Italia, Swedia dan Spanyol lebih bisa banyak menghabiskan waktu dengan anak ketimbang ibu bekerja di Inggris.

Jika ibu bekerja di Inggris hanya punya waktu 80 menit, para ayah ternyata lebih sedikit lagi waktunya untuk anak, 63 menit. Saat bersama anak, ayah biasanya menghabiskan waktu untuk membantu urusan sekolah seperti mengerjakan pekerjaan rumah dan bermain dengan mereka. Sedangkan ibu menghabiskan 60% waktu mereka untuk anak dengan melakukan aktivitas fisik seperti memberi makan, menidurkan, memakaikan baju, memberi obat dan pengawasan.
Melihat hasil penelitian di atas, psikolog anak dan keluarga Dr Sandra Wheatley mengungkapkan pendapatnya, "Menurutku tugas menjadi orangtua bukan hanya pada angka (berapa banyak waktu yang dihabiskan). Paling penting justru anak bisa mendapatkan kesempatan untuk bersenang-senang dengan orangtua mereka."

"Jika seorang ibu bekerja pulang ke rumah dan menghabiskan waktu 45 menit untuk bermain sebelum makan malam dan tidur, itu sudah cukup," ujarnya. "Yang paling penting waktu mereka dihabiskan untuk aktivitas bersama anak," tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media