Negara-negara Ternyaman di Dunia

Sebuah laporan tahunan PBB menyebut Norwegia adalah tempat ternyaman di dunia sementara Niger adalah kebalikannya. Laporan itu memuat peringkat 182 negara berdasarkan kualitas hidup yang dirasakan penduduknya. Kriteria yang digunakan untuk menyusun peringkat adalah harapan hidup, angka buta huruf, kesempatan pendidikan dan perekonomian negara. Indeks pembangunan manusia PBB ini menggunakan data yang dikumpulkan tahun 2007 sebelum krisis ekonomi global.

Program Pembangunan PBB (UNDP) mengatakan indeks itu menggambarkan jurang yang dalam antara negara kaya dan negara miskin. Norwegia selalu menempati posisi atas karena standar hidupnya yang bagus terutama sebagai hasil ditemukannya cadangan minyak dan gas pada akhir 1960-an. Sementara itu, Niger adalah sebuah negara miskin yang bahkan seringkali kesulitan memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya.
Peringkat 2

AUSTRALIA:
Negara lain yang menempati posisi atas antara lain Australia dan Islandia. Namun, standar hidup Islandia berubah drastis setelah negara itu menjadi salah satu korban terburuk krisis ekonomi global. Krisis yang merawal tahun lalu itu menghancurkan perekonomian Islandia yang sangat tergantung pada sektor perbankan. Tiga bank utama negeri itu sudah dinasionalisasi dan Islandia harus mencari dukungan internasional untuk menyelamatkan ekonominya.
Peringkat 3

ISLANDIA:
Deputi Direktur PBB Eva Jespersen kepada BBC News mengatakan pendapatan Islandia tahun depan menurun namun umur harapan hidup yang tinggi dan komitmen pemerintah terhadap pendidikan bisa menutupi kekurangan lainnya.

Afghanistan menjadi negara kedua yang paling tidak nyaman untuk ditinggali disusul Sierra Leone di Afrika Barat. Indeks itu juga menunjukkan umur harapan hidup di Niger hanya 50 tahun, atau rata-rata 30 tahun lebih pendek dari usia rata-rata warga Norwegia. Sedangkan untuk pendapatan, warga Niger rata-rata memperoleh AS$1 sementara warga Norwegia memperoleh AS$85.

Sementara Republik Demokratik Kongo memiliki rakyat termiskin dengan pendapatan perkapita rata-rata AS298 per tahun.

Cina menjadi negara yang memiliki income dan usia harapan hidup yang berkembang paling pesat.

Amerika Serikat menduduki peringkat 13 negara yang paling diidamkan di dunia, sementara Inggris di posisi ke-21.
Indeks itu juga menunjukkan bahwa separuh dari warga di 24 negara miskin diyakini masih buta huruf.
Kerajaan kecil Liechtenstein memiliki pendapatan perkapita tertinggi yang AS$85.383 dengan jumlah penduduk sekitar 35.000 orang.

Penulis laporan ini Jeni Klugman mengatakan banyak negara mengalami kemunduran di dekade belakangan ini akibat masalah ekonomi, konflik dan penyebaran HIV/AIDS.
“Dan ini terjadi jauh sebelum akibat krisis global dirasakan di mana-mana,” kata Jeni.

Spoiler for Daftar 21 Negara Paling Nyaman di Dunia versi UNDP:
1. Norwegia
2. Australia
3. Islandia
4. Kanada
5. Irlandia
6. Belanda
7. Swedia
8. Perancis
9. Swiss
10. Jepang
11. Luxemburg
12. Finlandia
13. Amerika Serikat
14. Austria
15. Spanyol
16. Denmark
17. Belgia
18. Italia
19. Liechtenstein
20. Selandia Baru
21. Inggris

s

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Copyright © 2011 Portal Berita Terbaru designed by Cara & Cepplux. Qecak Media